Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Jumat, 28 September 2012

Yuk, Membuat Virgin Coconut Oil Sendiri


Jujur! Seumur-umur saya juga belum pernah bikin Virgin Coconut Oil (VCO) sendiri. Setidaknya saat saya bikin tulisan ini. Cuman saya kepingiiin sekali mencobanya mengingat manfaat dan khasiat VCO yang luar biasa itu. Nah, untuk sementara saya share aja dulu bagaimana cara bikinnya. Ini juga saya rangkum dari beberapa website. Teman-teman bisa mencobanya sendiri kalau mau. Saya juga nantinya akan mencobanya juga. Setelah itu evaluasi proses dan hasilnya akan saya share juga di sini.

Pada dasarnya ada 3 tahap pembuatan VCO:
  1. Membuat santan kelapa
  2. Mendiamkannya selama 1-2 hari agar terfermentasi
  3. Pemisahan VCO

Sebenarnya ada 1 tahap lagi yang juga tidak kalah penting sebelum pembuatan santan kelapa, yakni pengumpulan buah kelapa. Namun bagi orang yang hidup di perkotaan seperti saya, paling-paling saya tinggal cari gampangnya aja dengan membeli kelapa di pasar. Tidak mungkin kan saya memanjat sendiri pohon kelapa? Dan kalaupun saya bisa memanjat, tidak ada satu pun pohon kelapa di Surabaya yang bisa saya panjat, hehe...

Untuk memilih kelapa yang akan dibuat kelapa, pilihlah kelapa yang tua. Yang warnanya coklat tua. Kalau yang masih hijau, berarti masih kelapa muda. Yang itu enaknya dibuat es kelapa muda^-^. Setelah mendapatkan buah kelapa yang sudah tua, kita bisa mulai mengupas sabut kelapanya dan membelah batok kelapa hingga kita menjumpai daging buah kelapa yang akan menjadi bahan utama VCO kita.

1. Membuat santan kelapa
Untuk membuat santan, kita perlu blender. Seperti layaknya membuat jus buah, masukkan potongan-potongan daging kelapa dan campur dengan air ke dalam blender. Takarannya kira-kira 3 cangkir air dan 2 cangkir potongan daging kelapa. Lalu nyalakan blendernya.
kemudian saring hasil blender tersebut dengan menggunakan potongan kain yang kuat dan bersih. Dengan begini kita sudah mendapatkan santan yang kita perlukan.

2. Fermentasi alami
Letakkan santan dalam suatu wadah. Sebaiknya wadah stainless, tapi kalau tidak ada, wadah plastik juga tidak masalah. Diamkan saja selama 1-2 hari agar santan terfermentasi dengan bantuan ragi alami yang sering "hang out" di sekitar buah kelapa. Dalam hal ini memang butuh sedikit kesabaran karena di awal-awal mungkin minyak kelapa sudah terlihat tapi belum terpisah sempurna.
Di titik ini, larutan santan tadi bisa dipindahkan ke botol air mineral. Setelah beberapa jam, lapisan air dan minyak akan bisa kelihatan batasnya.

3. Memisahkan VCO
Nah, yang ini yang kelihatannya agak rumit. Namun sepertinya cara ini bisa dicoba. Jadi, setelah terlihat 2 lapisan minyak dan air yang terpisah, masukkan botol dalam freezer agar membeku. Jika sudah membeku, potong botol air mineral tersebut tepat pada perbatasan minyak dan air.

Tampaknya mudah ya? Yuk, mari kita sama-sama mencobanya dan lantas merasakan manfaat dari Virgin Coconut Oil.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam manis semanis gula ^-^

Tidak ada komentar: