Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Sabtu, 06 Oktober 2012

Mengapa Diabetes Bisa Terjadi?


Diabetes, atau penyakit gula, belakangan kerap menjadi momok masyarakat perkotaan. Banyak yang bilang bahwa diabetes adalah penyakitnya orang kaya. Hmmm...bisa benar, bisa juga tidak. Tergantung bagaimana kronologi terjadinya diabetes pada tiap-tiap orang.

Tidak salah memang kalau orang yang terkena diabetes sering dibilang terkena penyakit gula. Karena memang seseorang dikatakan terkena diabetes adalah karena kadar gula darahnya yang tinggi. Dalam hal ini gula yang dimaksud adalah glukosa.

Baiklah, sebelum memahami diabetes, ada baiknya kita pahami dulu bagaimana mekanisme metabolisme tubuh terhadap yang namanya glukosa ini.
1. Semua orang tahu bahwa makhluk hidup (termasuk manusia) butuh makan agar bisa hidup.
2. Makanan yang masuk dalam tubuh manusia dibagi menjadi 3 golongan utama; protein, lemak dan karbohidrat. Dalam hal ini karbohidrat-lah yang memegang peranan dalam timbulnya diabetes.
3. Karbohidrat adalah sumber energi utama.
4. Ketika masuk dalam tubuh, Karbohidrat akan terpecah menjadi glukosa dan masuk dalam aliran darah.
5. Dibantu oleh hormon insulin (yang diproduksi oleh pankreas), glukosa akan diserap oleh sel-sel tubuh untuk dikonversi menjadi energi.
6. Energi inilah yang membuat kita dikatakan masih hidup.

Nah, jadi ada beberapa tokoh, yakni; pankreas, insulin, sel tubuh dan glukosa darah, yang berperan dalam terjadinya diabetes. Diabetes sendiri dibagi menjadi 2, Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2.

Diabetes Tipe 1
Diabetes Tipe 1 terjadi jika pankreas gagal memproduksi insulin atau terlalu sedikit memproduksi insulin. Bisa juga terjadi karena kerusakan pankreas atau diangkatnya pankreas.  Mengapa hal ini bisa terjadi? Para ahli mempercayai bahwa beberapa hal yang bisa memicu Diabetes Tipe 1 adalah: genetika, malnutrisi dan infeksi virus.
Tidak ada insulin berarti tidak ada yang membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa darah. Akibatnya kadar gula darah menjadi tinggi. Tingginya kadar gula darah inilah yang lantas menjadi biang keladi kerusakan organ dan jaringan tubuh lainnya.
Sekitar 10% penderita diabetes di Amerika merupakan penderita Diabetes Tipe 1. Rata-rata, diabetes tipe 1 ini terdiagnosa saat usia remaja. Untuk diabetes jenis ini, dibutuhkan suntikan insulin tiap hari agar tetap bertahan hidup.

Diabetes Tipe 2
Sembilan puluh persen (90%) penderita diabetes merupakan penderita Diabetes Tipe 2. Dalam hal ini pankreas dan insulin dalam kondisi baik-baik saja. Namun, justru sel tubuhlah yang bermasalah  sehingga tidak mau bekerja sama dengan insulin untuk menyerap glukosa. Istilahnya, telah terjadi resistansi insulin dalam tubuh penderita Diabetes Tipe 2.

Akibatnya pada akhirnya sama saja dengan Diabetes Tipe 1. Karena tubuh tidak dapat memfungsikan insulin, maka insulin tidak bisa membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa, akhirnya naiklah kadar gula darah si penderita.

Diabetes tipe ini biasanya terdiagnosa pada usia tanggung (kurang lebih 45an). Mengapa bisa demikian? Ada beberapa golongan yang rentan terkena diabetes, di antaranya adalah:
1. Seseorang yang dalam sejarah keturunan keluarganya ada yang menjadi penderita Diabetes.
2. Seseorang dengan pola makan yang tidak seimbang (kurang protein dan serat, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang diproses).
3. Seseorang yang mengalami obesitas.
4. Seseorang yang pola hidupnya cenderung tidak banyak bergerak.
5. Seseorang yang sering mengalami stress.

Diabetes atau tingginya kadar gula darah sebenarnya bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Yang perlu dikhawatirkan adalah komplikasi yang disebabkannya (sama saja ya? ^-^). Oleh karenanya, jika anda:
1. memiliki keluarga dengan sejarah diabetes.
2. mengalami kenaikan frekuensi buang air kecil
3. mudah merasa haus
4. tiba-tiba menjadi kurus
Sebaiknya segera hubungi dokter, karena deteksi dini terhadap diabetes dapat menghindari kerusakan organ dalam yang lebih parah.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam manis semanis gula ^-^

Tidak ada komentar: