Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Minggu, 14 Oktober 2012

4 Produk Menakjubkan dari Nira Kelapa




Menulis blog Coconut Syrup, mau nggak mau saya harus banyak mempelajari seputar pohon kelapa. Pohon kelapa yang selama ini saya kenal, adalah pohon penghasil air kelapa yang  segar, penghasil santan yang gurih, penghasil daging kelapa yang lezat untuk aneka makanan, baik daging kelapa muda maupun yang sudah tidak muda lagi.

Ternyata, pohon kelapa juga menghasilkan nira, yang disadap dari tangkai bunga kelapa. Nira pohon kelapa yang saya kenal dulu juga hanyalah cairan manis dengan rasa unik dan segar. Kami menyebutnya "legen". Jika dibiarkan lebih lama dalam kondisi tertentu, legen akan terfermentasi alami menjadi minuman beralkohol yang biasa disebut "tuak".

Ternyata lagi, nira kelapa juga bisa diolah menjadi produk-produk menakjubkan yang punya nilai ekonomis lebih tinggi, yakni: sirup gula kelapa cair, gula semut, cuka kelapa dan saus penyedap rasa.
  1. Sirup Gula Kelapa
Pembuatan dan manfaat sirup gula kelapa sudah pernah saya tulis di posting-posting sebelumnya. Di Indonesia mungkin belum begitu populer. Di luar negeri, yang mana penduduknya sudah mulai melek tentang bahaya sindroma metabolik, sirup gula kelapa mulai dilirik sebagai pengganti gula pasir. Itu karena indeks glikemiknya yang rendah (35) sehingga tidak menimbulkan lonjakan kadar gula darah, kandungan nutrisinya yang kaya mineral, asam amino, vitamin B kompleks dan vitamin C.
Selain itu, kandungan fruktosa (karbohidrat sederhana) dalam sirup gula kelapa sangatlah rendah (maksimal 10%). Jauh lebih rendah ketimbang sirup agave yang mengandung 50-90% fruktosa.

  1. Gula Semut
Jika gula cair di atas dikeringkan hingga menjadi kristal, didapatlah gula semut. Yakni gula kelapa berbentuk kristal. 
Gula semut memiliki manfaat yang sama dengan gula cair, yakni indeks glikemik yang rendah dan kandungan nutrisinya yang kaya akan mineral, vitamin C, vitamin B kompleks dan asam amino.

  1. Cuka Kelapa
Pernah dengar produk cuka apel kan? Yang konon kabarnya memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Nah, cuka kelapa bisa jadi produk tandingan cuka apel karena berasal dari bahan baku yang kaya mineral dan nutrisi lainnya.

Cuka kelapa dibuat dengan cara memfermentasikan nira kelapa. Tentunya dengan syarat dan kondisi tertentu. Produk ini kaya kandungan potassium dan probiotik alami FOS. Walaupun secara kimiawi, cuka kelapa bersifat asam, ia dipercaya memberikan efek alami dalam proses pencernaan. Hal ini mungkin disebabkan karena tingginya kandungan mineral alkali di dalamnya.

Produk ini pun mungkin belum dikenal di Indonesia, tapi di luar negeri, cuka kelapa telah mulai dikenal dengan nama Coconut Vinegar.

  1. Penyedap Rasa Kelapa
Di Indonesia mungkin produk ini belum begitu populer. Namun di luar negeri sono, nira kelapa sudah mulai dikenal sebagai bahan pembuat saus penyedap rasa. Mereka menyebutnya Coconut Aminos. Nira kelapa memang secara alami kaya kandungan 17 jenis asam amino. Jika nira kelapa dikombinasikan dengan garam dapur yang kaya mineral, maka akan menghasilkan saus amino yang memiliki rasa mirip dengan kecap (soy sauce). Saus ini bisa digunakan sebagai penyedap pada salad, tumis sayuran atau beberapa jenis masakan Cina.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam manis semanis gula ^-^

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih, info yang bermanfaat.