Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Kamis, 27 September 2012

8 Manfaat Virgin Coconut Oil


Memang tadinya minyak kelapa dianggap sebagai lemak jahat karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Namun pandangan ini mulai berubah manakala diketahui bahwa lemak jenuhnya minyak kelapa (terutama virgin coconut oil atau sering disebut vco) adalah asam lemak rantai sedang (bahasa bulenya medium-chain fatty acids). Nah, tubuh kita lebih bisa mentolerir asam lemak jenis ini ketimbang asam lemak rantai panjang yang kerap ditemukan dalam minyak goreng.

Minyak kelapa juga mengandung sejumlah senyawa penting yang baik untuk kesehatan. Cuman masalahnya, banyak produsen minyak kelapa menggunakan proses yang melibatkan temperatur tinggi, sehingga menghilangkan zat-zat yang bermanfaat dalam minyak kelapa.

Penelitian-penelitian mengenai minyak kelapa awalnya menyebutkan adanya efek negatif terhadap kadar kolesterol. Akan tetapi itu berlaku bagi minyak kelapa yang sudah mengalami proses hidrogenasi parsial. Kebalikan dengan virgin coconut oil yang malah menunjukkan dampak yang positif terhadap kesehatan.

Di bawah ini adalah 8 manfaat virgin coconut oill terhadap kesehatan, berdasarkan data-data penelitian:

1. Mendukung sistem imun.
Berkat kandungan antiviral, antifungal dan antibakterial dalam vco, ia dapat membantu tubuh berperang melawan penyakit.

2. Mendukung kesehatan kardiovaskular
Penelitian yang dilakukan di Kepulauan Cook, di mana penduduknya banyak mengkonsumsi minyak kelapa, ternyata memiliki kadar kolesterol dan kejadian serangan jantung yang lebih rendah ketimbang penduduk di New Zealand. Di New Zealand, penduduknya mengkonsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang tidak sebanyak di Pulau Cook. Penelitian lain di Sri Lanka juga menemukan bahwa kejadian serangan jantung meningkat seiring dengan menurunnya konsumsi minyak kelapa.

3. Membantu menurunkan berat badan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi vco tiap hari akan mengalamai pengurangan lemak yang cukup signifikan di bagian abdomen.

4. Membantu memerangi bakteri Staphylococcus
Jika dioleskan pada luka, vco dapat mencegah infeksi akibat berkembangnya koloni bakteri Staphylococcus aureus.

5. Membantu penyembuhan luka
Penelitian yang dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa luka yang diolesi vco dapat lebih cepat sembuh dan jaringan kolagen yang terbentuk lebih baik ketimbang sampel kontrol.

6. Mencegah Stretch Mark
Di Asia, minyak kelapa sudah dikenal untuk mencegah stretch mark karena kehamilan. Kalaupun toh sudah terlanjur memiliki stretch mark, minyak kelapa masih bisa membantu menghilangkan atau setidaknya mengurangi stretch mark.

7. Baik untuk Kesehatan Rambut
Minyak kelapa semenjak dulu memang sudah dikenal bagus untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa membantu menguatkan tiap helai rambut dan membantu mengurangi hilangnya protein karena keramas.

8. Melancarkan Pencernaan
Minyak kelapa akan menjadi senjata bagi tubuh saat memerangi bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Ia juga membantu proses penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh.

Artikel Terkait: Membuat VCO di Rumah

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam manis semanis gula ^-^ 

sumber: www.healthdiaries.com


Tidak ada komentar: