Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Selasa, 11 September 2012

Pabrik Gula Mini dan Sirup Gula Kelapa


Adalah Pabrik Gula Mini di sebuah desa di Kabupaten Jombang yang mengolah nira (atau nektar) kelapa menjadi sirup gula kelapa yang punya nilai ekonomis tinggi.
Lokasi persisnya adalah di Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. Pabrik Gula Mini ini dipunyai (baca: didesain dan dibuat) oleh Bapak Slamet Sulaiman, seorang insinyur Teknik Mesin jebolan ITS.
Di pabrik gula mini inilah, Pak Slamet mengolah sekitar 2000 liter nira kelapa menjadi sirup gula kelapa cair.
Nira kelapa sebagai bahan baku utama didatangkan dari Blitar, sebuah kota kabupaten yang berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan dari lokasi pabrik. Memang tidak bisa dibilang dekat, tapi di Blitar terdapat potensi nira kelapa yang berlimpah. Sehingga Pak Slamet memutuskan untuk memanfaatkan potensi tersebut sebagai sumber bahan baku utama di pabrik gula mininya.
Namanya saja pabrik (meskipun mini), tentunya pengolahan nira kelapa menjadi gula akan berbeda dengan pembuatan gula kelapasecara tradisional. Jika pembuatan gula kelapa tradisional menggunakan wajan terbuka berukuran super jumbo serta api yang suhunya dikira-kira saja, pabrik gula mini menggunakan sistem pemasakan secara tertutup. Bahasa teknis untuk wajan berpenutup (closed pan) ini adalah Vacuum Evaporator Double Effect (VEDE). Cuma, walau saya menggunakan istilah "wajan", jangan dibayangkan bentuknya seperti "wajan" pada umumnya ya.

VEDE

Dengan VEDE, temperatur pemasakan lebih terkontrol. Dijaga pada suhu sekitar 60 C, sudah cukup untuk menguapkan kandungan air dalam nira. Hasilnya, nira yang tadinya berkadar gula 10-15% akan menjadi sirup gula kelapa dengan kadar gula 75%.
Dengan bantuan VEDE, 2000 liter nira kelapa akan menjadi bahan baku dari produk utama pabrik gula mini ini: 350 liter sirup gula kelapa cair (hitung sendiri konversinya ya). Mengenai penampilannya? Hmmm, so pasti jernih, cantik dan menarik. Ini disebabkan karena suhu pemasakan yang relatif rendah. Suhu yang rendah menghindarkan terjadinya gula gosong (karamel), makanya warna produk akhirnya pun menjadi lebih jernih.

Gula kelapa ex Pabrik Gula Mini vs ex Negara Lain

Dengan kapasitas desain 500 liter nira kelapa/jam, Pak Slamet tidak lupa memperhitungkan efisiensi bahan bakarnya. Inilah satu lagi sisi unik desain pria kelahiran Jombang tahun 1952 yang bergelut di bidang pergulaan semenjak bergabung dengan PTP beberapa dekade yang lalu (walau sekarang sudah tidak lagi).
Pak Slamet memilih energi biomassa sebagai bahan bakar utama di pabrik gula mininya. Aneka limbah pertanian semacam sekam padi, tongkol jagung, kayu-kayu ranting pohon, ampas tebu, sabut dan batok kelapa, dimanfaatkan sebagai sumber energi biomassa. Alasannya ada dua: aplikasi sumber energi terbarukan dan pemanfaatan limbah pertanian yang melimpah ruah.
Untuk kepentingan ini, ada satu alat lagi yang menyuplai energi ke VEDE, yakni sejenis reaktor dengan teknologi Biomass Gassification. Sistem ini menjamin sebuah penghematan energi jika dibanding dengan tungku-tungku tradisional.
Begitulah singkat cerita tentang Pak Slamet dan Pabrik Gula Mini-nya. Semoga bermanfaat.

Salam Manis Semanis Gula ^-^

1 komentar:

Gulsher Ali mengatakan...

We are a leading manufacturer and Exporters of complete sugar plant and machinery.We design and manufacture the complete mill according to one's own crushing need.Our complete range of products are- Cane carrier,Cane kicker(cutter),Cane Fibriser,Cane Crushing mill with gear box,Rake type or slat type inter carrier,GRPF & TRPF,Bagasse carrier,Crystallizers, Centrifuges, Boiling house equipments like- Evaporating pan, Juice heater,Concentrator, Juice Clarifier,Chokeless pump, Juice pump, Air blower etc.

Our genaral sizes of the mill are- 11x14, 13x18, 16x24, 18x30, 20x30, 18x36, 24x36, 20x40, 24x48, 25x50 (All these sizes are in inches).
And the capacity of our sugar plants starts from 50 TCD and goes upto 2000 TCD.

For more information please log on to www.diamondengineeringworks.com

Mohammed Gulsher
Diamond Engineering Works,
Nighasan road,
Lakhimpur-kheri (U.P), India.
Ph: +91-5872 -253984, Fax: +91-5872-278165
Mob: +919838178999
www.diamondengineeringworks.com
http://www.facebook.com/diamondengineeringworks?ref=hl
Video URL : http://www.youtube.com/watch?v=AEzsO8jpihE
http://www.youtube.com/watch?v=_OkaJIGwcR4
Email : director@diamondengineeringworks.com
gulsherali@gmail.com