Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Rabu, 21 November 2012

Pemakaian Sirup Nira Kelapa



Konsumsi sirup nira kelapa memang belum terlalu populer di Indonesia. Tapi tahukah Anda jika di luar negeri, cairan kental ini sudah mulai naik pamornya sebagai pengganti pemanis biasa?
Dari beberapa artikel yang beredar di internet, saya menangkap ada 2 hal yang membuat produk ini begitu digemari. Yang pertama karena manfaat sirup nirakelapa bagi kesehatan, terutama indeks glikemiknya yang rendah (35). Makanan dengan indeks glikemik yang rendah biasanya sudah dipastikan muatan glikemiknya juga rendah. Keuntungan mengkonsumsi makanan yang seperti ini adalah tidak akan menimbulkan lonjakan kadar gula darah. Di samping itu, nira kelapa juga mengandung vitamin, mineral penting dan asam amino yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Hal kedua yang disuka oleh masyarakat luar negeri adalah rasanya. Sirup nira kelapa dianggap memiliki cita rasa yang unik dan lezat.
Mungkin lidah Indonesia kita belum terbiasa dengan rasa sirup nira kelapa. Namun tidak ada salahnya mencoba dan membiasakan diri bukan? Toh manfaatnya pun juga tidak perlu dipertanyakan lagi.
Nah, berhubung pemakaiannya belum terlalu populer di sini, mari kita lihat bagaimana cara orang luar menggunakan sirup nira kelapa.
Pada dasarnya sirup nira kelapa bisa digunakan sebagaimana kita menggunakan sirup lain ataupun madu. Mereka biasa menggunakannya antara lain untuk:
1. Topping pada pancake, roti, waffles dan french toast.
Topping Pancake

2. Dicampur dengan bubuk kayu manis, lantas dioleskan di atas roti sebagai pengganti selai.
3. Pemanis saus apel dan aneka minuman seperti milkshake, teh atau kopi.
Pemanis Teh atau Kopi

4. Bahan dressing salad buah. Menurut mereka rasa sirup nira kelapa paling match dengan buah-buahan seperti strawberry, mangga atau jeruk.
Dressing Salad Buah

5. Dicampur dengan mentega untuk melapisi labu, kentang atau wortel.
6. Pemanis produk-produk biskuit, muffin donat.
7. Topping es krim.
8. Bahan membuat sup ayam atau ikan.
9. Bahan campuran cocktail untuk memperkuat rasa.
Banyak sebenarnya cara untuk menikmati sirup nira kelapa. Sebenarnya kita pun bisa memanfaatkan sirup nira kelapa sebagaimana halnya kita mengkonsumsi gula merah. Misalnya:
  1. Untuk membuat aneka minuman seperti kolak, atau es kacang hijau.
  2. Untuk bahan membuat bumbu rujak buak.
  3. Untuk membuat aneka kue dan penganan tradisional.

Selamat mencoba dan merasakan sirup nira kelapa, pemanis alternatif yang paling sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam manis semanis gula ^-^

Tidak ada komentar: