Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Jumat, 16 November 2012

Prosedur Penentuan Indeks Glikemik




Indeks Glikemik gula kelapa adalah 35. Bagaimana cara penentuannya? Berikut ini adalah prosedur yang diterapkan oleh The Philippine Food and Nutrition Research Institute untuk menentukan Indeks Glikemik gula kelapa;

1. Sepuluh (10) orang subyek (manusia sehat) diberikan secara acak masing-masing 50 gram cairan test toleransi glukosa standard (Medic Orange 50, Product No. 089) dan 50 gram gula kelapa (dari tanaman Cocos nucifera).

2. Dilakukan pengumpulan sampel darah dari masing-masing subyek melalui tusukan pada jari pada jam ke-0, kemudian tiap interval 15 menit selama 1 jam dan tiap 30 menit untuk satu jam berikutnya.

3. Kadar gula darah segera dianalisa pada hari itu juga dengan menggunakan Clinical Chemistry Analyzer yang sudah dikalibrasi dengan standard glukosa (Glucofix Reagent).

4. Kadar gula darah dari ke-10 subyek tersebut kemudian digrafikkan terhadap waktu pengambilan sample. Berarti didapatkan 2 grafik, yakni grafik kadar gula darah untuk konsumsi gula kelapa dan untuk konsumsi glukosa referensi.

5. Kemudian dilakukan perhitungan luas area di bawah masing-masing grafik. Bahasa kerennya adalah perhitungan Incremental Area Under the glucose response Curve (IAUC).
Sebagai gambaran, bentuk kurvanya akan mirip seperti gambar di bawah ini, sayang saya tidak menemukan gambar yang spesifik untuk gula kelapa. Tapi semoga kurva di bawah ini bisa memberikan sedikit gambaran ^-^


6. Indeks Glikemik gula kelapa diperoleh dengan cara membagi IAUC gula kelapa dengan IAUC glukosa standard dikali 100. Hasilnya diperoleh nilai Indeks Glikemik 35.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam manis semanis gula ^-^

Tidak ada komentar: