Dengan Menyebut Nama Allah

"Aku berlindung dari terbolak-baliknya hati, dari kerasnya hati dan dari ilmu yang tidak manfaat"

Senin, 26 November 2012

Gejala-gejala Diabetes


Apa sajakah gejala Diabetes?
Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari bahwa mereka terkena diabetes hingga mereka melakukan kadar gula darah. Ini tidaklah mengherankan, sebab memang gejala awal diabetes terlihat tidak membahayakan.
Nah, karena Diabetes adalah masalah serius yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang tidak kalah seriusnya, tidak ada salahnya kalau kita mulai waspada dengan sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh kita. Supaya kita bisa menghindari atau mengendalikan Diabetes, yang kata para dokter adalah the Mother of Disease.
Mengingat bahwa diabetes dapat dialami oleh baik dewasa maupun anak-anak, ada baiknya dilakukan deteksi sedini mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, di bawah ini adalah gejala umum diabetes (walaupun bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya);
1. Meningkatnya perasaan dahaga, sekalipun sudah minum dalam jumlah lebih banyak dari biasanya, tetap saja rasanya masih terus kehausan.
2. Meningkatnya perasaan lapar.
3. Meningkatnya frekuensi pipis baik di waktu malam maupun siang (orang bilang beser).
4. Merasakan kelelahan yang sangat.
5. Merasa tidak punya energi.
6. Penurunan berat badan secara signifikan (tiba-tiba terlihat kuruuus dan cekung).
7. Pening.
8. Mata berkunang-kunang.
9. Nyeri di area abdomen.
10. Mati rasa atau kesemutan di tangan maupun kaki.
11. Luka yang tak kunjung sembuh.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter. Biasanya, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan tes-tes yang berhubungan dengan Diabetes, seperti pengecekan kadar gula darah puasa dan gula darah acak.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Salam manis semanis gula ^-^

Tidak ada komentar: